Opini

Kriminalisasi Pembeli Seks; Belum Saatnya

Belakangan isu kriminalisasi pembeli seks ramai dibicarakan dikalangan penggiat isu HIV-AIDS. PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) adalah LSM yang pertama kali mencetuskan ide ini secara luas. “Sikap resmi” ini disuarakan oleh PKBI pada peringatan Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember 2013 di Bundara HI. Banyak pihak yang menolak ide ini, KPAN dalam pernyataan resminya[1] juga …

Selamat Hari Ibu (Menyusui)

Ibu: [n] (1) wanita yg telah melahirkan seseorang; (2) sebutan untuk wanita yg sudah bersuami; UNICEF dan WHO membuat rekomendasi pada ibu untuk menyusui eksklusif selama 6 bulan kepada bayinya. Sesudah 6 bulan bayi baru diberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI) dengan tetap memberikan ASI sampai minimal umur 2 tahun. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan juga …

GTM; sebuah opini

Iya, gue mungkin salah satu orang yang enggak percaya anak ga mau makan. Buat gue yang ada hanya anak belum mau makan. Itu kenapa gue ga percaya adanya GTM (Gerakan Tutup Mulut) pada anak. Kenapa harus bingung kalo anak ga mau makan? Beberapa jawaban kalo gue kasih pertanyaan itu pasti begini, “apa ga kelaperan nanti …

Tau makanan sehat tapi kok ga dimakan?

Gue udah hampir setahun menerapkan pola makan berdasarkan Food Combining. Gue selalu senang berbagi tentang Food Combining, pola makan yang aneh untuk sementara orang. Karena kebanyakan orang selalu berpikiran kalo mau sehat itu yah diet. Diet yang dimaksud adalah membatasi makan, bukan mengubah pola makan dan cara makan. Food Combining buka diet, tapi lebih mengatur …

Bolehkah Minum Susu Formula?

Siapapun, pasti tahu lah kehebatan dari ASI. Bukan kapasitas gue untuk cerita itu, elu bisa googling aja lah untuk itu. Ada banyak pakar dan penelitian yang bilang kalo ASI emang udah paling hebat buat bayi baru lahir, paling tidak untuk enam bulan pertama dalam kehidupannya. @erikarlebang, dalam kibulan susunya pernah bilang kalo sebenarnya pada usia …

Minat Baca (anak) Indonesia Tinggi!

Gue sama sekali engga begitu ngerti tentang dunia perbukuan sebelumnya, meski hobi membaca udah mulai disaat setiap hari Kamis pagi nungguin tukang koran anter majalah Bobo. Minat membaca (buku) baru ada ketika gue kuliah, bergabung dengan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) mendorong gue untuk membaca, itu karena semua orang pas lagi dikusi selalu mengutip kata-kata dan …

Damn! I Love Indonesia (n President)

Ratusan orang bersorak-sorai, menangis haru, di area pertambangan Acatama, Cile, ketika satu per satu dari 33 petambang ditarik ke permukaan mulai Selasa (12/10) pukul 22.55 hingga Rabu. Selama 69 hari, mereka terjebak hampir 700 meter di bawah permukaan tanah. Cile bangga atas operasi penyelamatan yang heroik ini. Pinera menjadi presiden pada Januari lalu. Pendekatannya dalam …

puanaaas…

Panas kayanya lagi menjadi tema minggu ini nih, puncaknya tadi malem, ketika PLN melakukan pemadaman listriknya disebagian wilayah Jakarta Timur tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sampe tadi pagi, pas gue berangkat ke kantor, listrik belum nyala juga, 12 jam sudah listrik padam, untungnya air di bak mandi masih aman, yah paling enggak bisa mengguyur badan 3 …