[Mitos Ibu Menyusui] Makanan Panas/Dingin

Pertanyaan

@rustam_twit: apa sih pengaruhnya minuman panas/dingin (es) kalo di minum ibu menyusui? Katanya kalo minum yang panas-panas bisa bikin lidah bayi putih-putih yah? Terus kalo minum dingin bikin bayi jadi pilek? Gimana sih yang bener?

(pertanyaan diambil dari TL @ID_AyahASI)

Jawaban

Biar lebih jelas, kita perlu tahu dulu sistem pencernaan tubuh manusia. Kemana sebenarnya makanan atau minuman yang kita konsumsi berjalan di dalam tubuh kita? Apakah langsung ke payudara? Atau kemana?

Gambar: sistem pencernaan manusia (gambar diambil tanpa izin dari www.healthcentral.com)

Balik lagi ke zaman SMP nih, sistem pencernaan manusia terdiri dari rongga mulut, esofagus (kerongkongan), lambung, usus halus, usus besar, rektum dan anus. Kalo liat ke sistem pencernaan kita, enggak ada satupun yang menyebutkan payudara. Jadi semua yang di konsumsi ibu menyusui pasti akan masuk dulu ke rongga mulut, lalu kerongkongan, lalu lambung, usus halus yang bertugas menyerap sari makanan dan usus besar.

Nah, pertanyaannya kemudian adalah, apakah minuman dingin akan tetap dingin di dalam tubuh? dan apakah minuman panas akan tetap panas juga?

Jawabannya tidak, suhu semua makanan yang kita konsumsi akan disesuaikan dengan panas tubuh. Ini penjelasannya.

 

―     Suhu normal tubuh ada di kisaran 36.5 – 37.5°C, angka ini bisa bervariasi dalam satu hari. Suhu terendah terjadi antara jam 4-6 pagi dan suhu tertinggi biasanya terjadi pada jam 6-8 malam. Suhu terendah bisa mencapai 36.1°C di pagi hari dan bisa mencapai 37.1°C di malam hari. Hal ini masih bisa dibilang normal.

―     Rata-rata suhu normal tubuh akan tetap di jaga di kisaran 37°C.

―     Suhu tubuh manusia akan selalu dijaga pada angka 37°C, fungsi pengaturan suhu ini dijalankan secara otomatis dan disebut thermoregulation.

―     Karena suhu tubuh akan tetap hangat pada suhu 37°C maka semua hal yang berada di dalam tubuh kita juga akan menjadi hangat di suhu 37°C.

―     Ini juga yang menyebabkan ASI didalam payudara akan selalu hangat pada suhu 37°C. Sepanas apapun dan sedingin apapun makanan/minuman yang di konsumsi oleh ibu menyusui, maka jika sudah masuk didalam tubuh suhunya akan menjadi 37°C.

―     Balik lagi ke sistem pencernaan tadi, TIDAK ADA satupun makanan/minuman yang dikonsumsi ibu menyusui langsung menuju payudara. Semuanya akan di proses pada sistem pencernaan kita yang sangat kompleks.

―     Jadi, kalau melihat penjelasan di atas, sampai kapanpun ASI tidak akan pernah menjadi dingin. Tubuh kita tidak akan pernah memproduksi dingin. Karena suhu tubuh akan selalu dijaga stabil pada 37°C.

―     Suhu ASI yang keluar dari payudara akan selalu hangat pada suhu 37°C, sesuai dengan tempat penyimpanannya yaitu Payudara (bagian dari tubuh).

Mematahkan Mitos

―     Ibu menyusui yang sering minum Es atau Dingin tidak akan menyebabkan bayi menjadi pilek. Karena ASI akan selalu hangat dan tidak pernah menjadi dingin.

―     Sesungguhnya tidak ada hubungan antara minuman dingin dengan pilek (untuk yang ini akan gue jelaskan dalam tulisan lain).

―     Ibu menyusui yang sering minum minuman panas dan makan makanan panas tidak akan menyebabkan lidah bayi melepuh dan menjadi putih. Karena ASI akan selalu hangat di suhu 37°C.

―     Lidah putih pada bayi adalah karena sisa lemak pada ASI, sisa lemak ini menempel pada lidah bayi. Jadi bukan karena ibu menyusui makan makanan panas atau minum minuman panas

Bahan Bacaan:

http://gurungeblog.wordpress.com/2008/11/22/sistem-pencernaan-makanan-pada-manusia/

http://www.helium.com/items/609999-overview-of-the-human-thermoregulatory-system

http://firstaid.webmd.com/body-temperature

http://www.enotes.com/thermoregulation-reference/thermoregulation

http://www.officialhealth.org/Normal-Body-Temperature.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *