[Mitos Ibu Menyusui] ASI Bening = ASI Jelek?

Pertanyaan:

@vina09: kata mama ASI ku jelek karena bening dan encer, jadi bikin Rasya (3m) sering sakit pilek, emang bener gitu yah?

Jawaban:

Pertanyaan diatas menjadi salah satu mitos yang sering beredar di masyarakat. Kita kayanya kebanyakan di jejelin sama iklan bahwa yang namanya Susu itu harus putih yah. Kalo susu sapi sih iya emang putih banget dan keliatan kentel yak, tapi kan itu sapi bukan manusia. Susu manusia a.k.a Air Susu Ibu (ASI) emang ada dua tipe, yang dikenal dengan istilah Foremilk dan Hindmlik.

Bingung? Jangan dong, gue coba jelasin kedua saudara kembar itu yak.

Mungkin kalo gue bilang ada dua tipe kesannya payudara membuat kedua jenis ASI tersebut dengan waktu yang berbeda yah atau mungkin ada yang mikir, “wah, kalo gitu payudara gue cuma produksi Foremilk (ASI yang agak bening dan encer) aja dong?’.

Bukan. Enggak gitu.

[Mitos Ibu Menyusui] Makanan Panas/Dingin

Pertanyaan

@rustam_twit: apa sih pengaruhnya minuman panas/dingin (es) kalo di minum ibu menyusui? Katanya kalo minum yang panas-panas bisa bikin lidah bayi putih-putih yah? Terus kalo minum dingin bikin bayi jadi pilek? Gimana sih yang bener?

(pertanyaan diambil dari TL @ID_AyahASI)

Jawaban

Biar lebih jelas, kita perlu tahu dulu sistem pencernaan tubuh manusia. Kemana sebenarnya makanan atau minuman yang kita konsumsi berjalan di dalam tubuh kita? Apakah langsung ke payudara? Atau kemana?

Gambar: sistem pencernaan manusia (gambar diambil tanpa izin dari www.healthcentral.com)

Balik lagi ke zaman SMP nih, sistem pencernaan manusia terdiri dari rongga mulut, esofagus (kerongkongan), lambung, usus halus, usus besar, rektum dan anus. Kalo liat ke sistem pencernaan kita, enggak ada satupun yang menyebutkan payudara. Jadi semua yang di konsumsi ibu menyusui pasti akan masuk dulu ke rongga mulut, lalu kerongkongan, lalu lambung, usus halus yang bertugas menyerap sari makanan dan usus besar.

Nah, pertanyaannya kemudian adalah, apakah minuman dingin akan tetap dingin di dalam tubuh? dan apakah minuman panas akan tetap panas juga?