#kibulan susu – 4

berikut #kibulansusu seperti biasa dari master of ngibul @erikarlebang ke-4 yang berhasil gue himpun

@erikarlebang: Morning all, smbl siap-siap gowes ke gym. Kultwit ah, tentang susu sebentar. Agak (selalu) banyak pertanyaan baru masuk seputar itu

@erikarlebang: Ada beberapa sebab pembuat kita mengkonsumsi susu yang sebenarnya diperuntukkan sama sekali bukan utk spesies kita, manusia #kibulansusu

@erikarlebang: Sebab-sebab tersebut sedikitpun tidak memberi hasil sesuai dengan harapan mereka yang konsumsi susu, sebagai minuman kesehatan#kibulansusu

@erikarlebang: Susu hewan diminum karena berbagai alasan. Berikut beberapa alasan yang paling populer : Mitos, Doktrin, Budaya dan Rasa #kibulansusu

@erikarlebang: Mitos! Susu hewan (terutama sapi) adlh minuman yg kaya kandungan hal baik namun paling banyak menimbulkan masalah kesehatan #kibulansusu

@erikarlebang: Kandungan unsur tinggi yg dimiliki susu kendati terlihat berguna, tidak berlaku demikian saat susu itu masuk ke dalam badan #kibulansusu

@erikarlebang: Protein tinggi susu, kasein, saat masuk tubuh, ditolak dan menggumpal saat masuk ke dalam lambung, sulitkan pencernaan#kibulansusu

@erikarlebang: Tubuh mengeluarkan rentetan reaksi anti kasein untuk menolak protein susu, yang sangat merugikan kesehatan secara general #kibulansusu

@erikarlebang: Demikian pula dengan kalsium. Karena tidak dilengkapi magnesium, kalsium susu tidak mudah terserap oleh tulang manusia #kibulansusu

@erikarlebang: Kalsium susu menumpuk dalam darah, dan mengubah PH darah menjadi acid. Tumpukan kalsium itu juga sulitkan kerja ginjal #kibulansusu

@erikarlebang: Kenapa orang masih ngotot minum susu? Mitos lah penyebabnya! Bahwa kandungan susu membawa kebaikan bagi kesehatan manusia #kibulansusu

@erikarlebang: Mitos membuat banyak org mengalahkan akal sehat dan fakta terpapar tentangnya. Dan selalu merasa bahwa manusia perlu susu#kibulansusu

@erikarlebang: Doktrin! Elemen selanjutnya, yang akhirnya ‘terpaksa’ membuat banyak orang minum susu dengan dalih kepentingan kesehatan #kibulansusu

@erikarlebang: Doktrin yang hadir beragam lewat iklan, ahli medis yang terlambat memperbarui pengetahuannya, orang tua adalah sebab utama #kibulansusu

@erikarlebang: Iklan kegunaan susu yang beragam dan ‘menghajar’ berbagai sektor kehidupan manusia, membuat ‘perintah’ bawah alam sadar #kibulansusu

@erikarlebang: Perintah bawah sadar itu membuat manusia merasa ia perlukan susu, berapapun usianya saat itu. Sekali lagi kesampingkan fakta #kibulansusu

@erikarlebang: Ahli medis pun bukan sosok yg steril dalam ikut menyuarakan kesesatan informasi tentang susu. Krn mrk alpa perbarui ilmu#kibulansusu

@erikarlebang: Akhirnya banyak diantara mereka yg masih terbawa mitos tentang susu dan beri susu bagi ‘jalan keluar’ pasien-pasiennya #kibulansusu

@erikarlebang: Sejalan dgn itu, para orang tua acap jd ‘pengkristal’ salah informasi tentang susu. Krn doktrin mereka berlangsung personal #kibulansusu

@erikarlebang: Perintah minum susu diberikan pada anak secara konstan, harian. Dari anak kecil, hingga ia nanti punya anak lagi! Konstan! #kibulansusu

@erikarlebang: Kesesatan yang berlangsung simultan antara banyak ahli kesehatan dan orang tua tentang susu lahirkan banyak masalah #kibulansusu

@erikarlebang: Yang seakan-akan tidak jelas asalnya? Akhirnya banyak problem simpangsiur tentang kesehatan tak terjawab tak terselesaikan #kibulansusu

@erikarlebang: Padahal hanya dengan menghentikan konsumsi susu, masalah kesehatan tak jelas tersebut acap selesai dan sembuh secara total! #kibulansusu

@erikarlebang: Elemen selanjutnya adalah Budaya dan Rasa. Susu telah membudaya dan menjadi bagian dari kehidupan manusia berabad-abad #kibulansusu

@erikarlebang: Secara kuliner maupun ritual, susu telah membudaya ke berbagai sektor kehidupan. Namun baru akhir-akhir ini susu terdefiasi #kibulansusu

@erikarlebang: Susu baru muncul sebagai minuman kesehatan di beberapa waktu terakhir saja. Karena kepentingan komersial semata #kibulansusu

@erikarlebang: Sama dengan ‘rasa’ yg ditimbulkan oleh susu di indera pengecap dan kirim semacam signal ke otak, yg membuat ketagihan #kibulansusu

@erikarlebang: Reaksi yg muncul sbg signal sensasi seperti produksi dopamin dan endorphin membuat tubuh merasa nyaman dan ‘senang’ sesaat#kibulansusu

@erikarlebang: Ini yg sering disalah artikan orang sebagai merasa ‘sehat’ saat minum susu. Pdhal ia sedang merugikan kesehatan sejatinya #kibulansusu

@erikarlebang: Mirip dengan orang yg ketagihan sensasi merokok, minum alkohol atau bahkan obat terlarang, walau berada di dimensi berbeda #kibulansusu

@erikarlebang: Itulah sebab, fenomena mengapa susu begitu menjadi elemen penting dalam kehidupan manusia terkesamping dari fakta buruknya#kibulansusu

@erikarlebang: Yang melahirkan rentetan kesalahan paham dan buat problem kehidupan, dr sisi kesehatan maupun kekuatan ekonomi misalnya #kibulansusu

@erikarlebang: Tuhan membuat susu hewan bisa diminum, tapi bukan utk kesehatan. Cuma manusia, species yg ngotot minum susu species lainnya #kibulansusu

@erikarlebang: Demikian #kibulansusu pagi ini, semoga berguna. As always, tidak suka? Sila unfollow, salam!

@erikarlebang: Bagi yg bertanya apakah validitas info susu yg saya sampaikan, sila mengacu pd temuan ilmiah dan kesehatan terkini. Niscaya tercerahkan.

@erikarlebang: Berikut contoh percakapan yang benar terjadi dan menunjukkan betapa miskonsepsi kesehatan teraplikasi dimana-mana #kibulansusu

@erikarlebang: Ibu: “Katanya susu emang gak bagus?” |Saya: “Memang” |Ibu: “Anak saya sehat semua tuh” |Saya: “Ok” *males nanggepin mode on* #kibulansusu

@erikarlebang: Ibu: “Lagian kalau gak ada susu, gimana kalsium anak bisa didapat?” |Saya : “Buah dan sayur sumber terbaik” |Ibu: “Gak bisa!” #kibulansusu

@erikarlebang: Saya: “Kok?” |Ibu: “Anak saya punya maag parah, gak bisa makan buah!” |Saya: “Lho, katanya dia ‘sehat’ karena susu?” |Ibu: #@! #kibulansusu

@erikarlebang: Saya: Ibu tahu, konsumsi rutin susu adalah pemicu gangguan lambung yang terbesar? |Ibu : *kepingin ditelan bumi* #kibulansusu

@erikarlebang: Sebelum mengklaim bhw kita sehat krn susu, cek dulu adakah penyakit yg mengganggu keseharian namun terabaikan & dianggap biasa #kibulansusu

@erikarlebang: Gangguan lambung, mudah pilek, batuk yang muncul, alergi pagi hari, gangguan kulit, migrain dsb adalah gangguan kesehatan #kibulansusu

@erikarlebang: Yang sebenarnya sudah bisa menempatkan kita sbg “org yang tidak sehat” namun gangguan ini acap terabaikan dan dianggap biasa #kibulansusu

@erikarlebang: Karena ada obat-obatan yang bisa hilangkan ‘gejala protes’ dari tubuh tersebut. Begitu terus berlangsung bertahun-tahun #kibulansusu

@erikarlebang: Sampai secara akumulatif, akhirnya obat tsb tak mampu menolong dan malah merusak organ tubuh dari berbagai sisi merugikan #kibulansusu

@erikarlebang: Jd kalau punya penyakit apapun yang terasa ‘tdk jelas sebabnya’ dan dianggap biasa, cek apakah Anda peminum rutin susu? #kibulansusu

@erikarlebang: Bila “ya”, coba utk hentikan dan sterilisasi hidup Anda dari susu tersebut. 1-2 bulan saja, dan cek kondisi terkini stlh itu? #kibulansusu

@erikarlebang: Dan jujur utk tidak sentuh susu dlm bentuk apapun selama kurun waktu sterilisasi tersebut, agar pencarian berlangsung maksimal #kibulansusu

@erikarlebang: Jangan lupa utk konsumsi makanan sehat berupa buah dan sayur segar secara baik dan benar, terapkan pola hidup sehat #kibulansusu

@erikarlebang: Memberi perumpamaan terhadap sebuah fenomena dengan penyamaan antar bentuk yang lazim disebut analogi itu susah-susah gampang #kibulansusu

@erikarlebang: Dalam kasus susu misalnya, dengan mudah kita bisa mengatakan berdasar pd fenomena yg terjadi secara sungguhan sesuai hukum alam #kibulansusu

@erikarlebang: “Sapi beranjak dewasa, sudah tidak mau konsumsi susu induknya” Contoh sederhana kalimat yang perubahan bentuknya adalah #kibulansusu

@erikarlebang: “Sapi saja tidak mau kenapa manusia masih ngotot mau minum susu induk sapi?” Rangkaian transisi bentuk itu terjadi dan logis #kibulansusu

@erikarlebang: Logis krn hukum alam berlaku spt itu. Mudah kan? Siapa juga bisa! Eh, nanti dulu. Belum tentu juga #kibulansusu

@erikarlebang: Pernah ada tokoh ahli gizi bergelar Phd, lulusan universitas ternama negeri ini, tidak setuju dgn penelitian tentang susu #kibulansusu

@erikarlebang: Karena menurutnya tidak sesuai dengan ilmu yang dipelajarinya dari mahasiswa dasar hingga bergelar tinggi seperti sekarang #kibulansusu

@erikarlebang: Ia menyerang langsung ke pemakaian analogi “sapi beranjak dewasa emoh minum susu induknya” tersebut dengan kalimat sanggahan #kibulansusu

@erikarlebang: “Analogi ngawur spt itu akan membuat manusia kehilangan makanan bergizi, susu sapi dilarang karena sapi dewasa tdk minum susu” #kibulansusu

@erikarlebang: “Lalu kemudian apa? Telur ayam dilarang dimakan juga, karena ayam tidak makan telurnya!” *hening sejenak* #kibulansusu

@erikarlebang: Siapa bilang membandingkan sesuatu lalu merubah bentuknya ke hal lain utk menggambarkan hal sama, itu adalah pekerjaan mudah?#kibulansusu

@erikarlebang: Seseorang yang bergelar setinggi itu saja bisa melakukan kesalahan fundamental dimana anak sekolah dasar bisa menertawai #kibulansusu

@erikarlebang: Mana mungkin menyamakan fungsi susu dan telur lalu dimasukan ke kontroversi susu sapi? Karena kodratnya saja berbeda dari awal #kibulansusu

@erikarlebang: Susu sapi adalah makanan penyambung kehidupan bagi bayi sapi. Ayam bertelur jelas bukan untuk dimakan! Penerus generasi mereka#kibulansusu

@erikarlebang: Kalau manusia kemudian konsumsi telur ayam jelas sudah berbeda konsep dengan konsumsi susu sapi bila dikaitkan ke hal tersebut #kibulansusu

@erikarlebang: Analogi sarkastis sembarangan untuk mematahkan sesuatu fenomena alam yg jelas spt ‘kontroversi susu sapi’, bisa jadi bumerang #kibulansusu

@erikarlebang: Akan membuat seseorang tampak kurang cerdas apapun latar belakang pendidikannya. So think before you speak, otherwise *smile* #kibulansusu

Nutrisi Sufor ada di makanan sehari-hari..

@a_rahmathidayat: Jadi udah tau kan kandungan yg ada didalam ASI,dan gimana Tuhan udah bikin kandungannya scr bertahap sesuai dgn kondisi bayi #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Nah, temen2 gue banyak yg karena anaknya ga mau makan, akhirnya milih kasih Sufor buat memenuhi nutrisinya #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Catat yah..anaknya susah makan, lah kok malah dikasih minuman..Sufor kan minuman ibu-ibuuu #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Kalo susah makan yah yuk mari kita ubah cara dan pola makan si anak..minuman ga bisa gantiin fungsi makan #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Emang ga gampang, tapi kalo dilatih secara rutin gue yakin pasti bisa kok, daripada diganti sama Sufor #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Gimana ga susah makan kalo Susunya bisa 5 kali dalam sehari, dikasih pas jam makan, pagi-siang-sore-malam #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Lambung anak-anak kan kecil, pasti ga mau makan kalo seharian dikasih susu dan cemilan..sama susu aja udah bikin kenyang #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Tapi meski udah dikasih makan,banyak temen2 gue yg ngerasa nutrisi dari makanan masih kurang.. #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Kalo udah ngasih makan sayuran segar,buah,ikan,daging,telur,tahu,tempe..itu udah sehat kok,dan full nutrisinya #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Hehe..hebat yah promosi Sufornya..sampe kita yakin bahwa ciptaan Tuhan nutrisinya kurang #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Gue iseng dong, mau tau sebenarnya nutrisi apa sih yang digembor-gemborkan oleh Sufor #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Nama-nama susunya gue pelesetin yah, tapi elu pasti tau lah..hehe, ga dosa kan  #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Susu STM 3 Pasutri , mengandung Asam Amino Esensial, Kolin dan Prebiotik FOS Inulin.. #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Okeh, Asam Amino Esensial itu ada di Telur,Ikan Salmon,Alpukat,Kacang-kacangan,Biji-bijian
Kolin ada di Kuning Telur,Daging tanpa lemak,Kedelai,Kacang Tanah,Buncis,Kacang Polong #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Prebiotik FOS Inulin ada di Tempe,Acar,Tape Ketan,Tape Singkong, Buah,Sayuran #cerewetASI

@a_rahmathidayat: See..kasih aja makan buah diawal, jeda 30 menit baru makan Nasi+Tempe dan Sayuran Hijau #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Susu Norigaga Platimom mengandung Kolin,Omega 3&6,Protein Alfa-Laktalbumin,Probiotik,Prebiotik dan Nukleotida #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Kolin udah yah,Omega 3&6 bukan hanya ada ikan laut, ceker ayam juga kaya,kandungan omega-3 & omega-6 dalam ceker ayam cukup tinggi #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Omega 3 dan 6 juga ada di sayuran hijau, termasuk kacang-kacangan dan kentang #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Protein Alfa-Laktalbumin, semua sumber yg gue baca hanya menyebutkan ini ada di ASI..mungkin ada yg mau nambahin protein ini ada dimana? #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Probiotik & Prebiotik ada di brokoli,sayuran hijau dan buah-buahan sementara tempe,tahu kaya akan senyawa prebiotik #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Nah, untuk zat Nukleotida itu juga ada di sayuran hijau..gimana, bahan makanan itu lebih murah dari Sufor kan? #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Hampir semua Sufor mengandung jenis yang sama..si Putrilon Toyal misalnya juga mengandung FOS dan GOS #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Secara alami FOS ada di dalam buah dan sayuran, GOS ada di kacang kedelai dan produk turunannya #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Susu Dedelak dan Mediabur juga ga jauh berbeda..jadi pada dasarnya semua juga ada di makanan sehari-hari kita yang murah meriah #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Oh satu lagi..AA/DHA, itu secara alami juga ada di ikan tuna, salmon, makarel, sarden, daging, telur #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Semua susu sebenarnya udah menyebut dirinya sebagai pelengkap nutrisi..ibu-ibu masih merasa anaknya kurang nutrisi? #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Semua Nutrisi yang ada di Susu adalah tambahan yang berasal dari makanan sehari-hari kita dan sudah diolah sedemikian rupa #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Pertanyaan gue? Kenapa gak ngambil nutrisi dari sumber asalnya aja sekalian..kan gampang, kenapa harus ngeluarin duit lbh bnyk? #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Jadi polanya gini aja, 0-6: ASI, 6-12: MPASI+ASI, 12-24: MPASI+Makanan Rumah+ASI…ga perlu sufor kan? #cerewetASI

@a_rahmathidayat: 4Sehat+5sempurna udah ga dipake sama pemerintah lagi sejak tahun 90an..skrg pemerintah pake Menu Gizi Seimbang #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Pola 4sehat5sempurna itu dulu dipakai utk memudahkan rakyat kita utk paham akan gizi,lah skrg udah lebih majuu..udah pada pinter #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Tuhan sudah menyiapkan kebutuhan kita di alam, mari bijak menggunakannya..wasalam 🙂 #cerewetASI

Susu Kental Manis itu buruk!

@FaktanyaAdalah: Susu kental manis kurang baik bagi kesehatan, karena memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. (cot.ag/pEX8I9) #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Susu kental oleh para ahli juga dibilang bukan termasuk kategori susu,karena kandungan gulanya yg sangat tinggi.. #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Kandungan gulanya yg tertera dikaleng susu kental adalah 20gr, itu sama aja makan 20 sachet gula yg ada dimeja2 restoran#susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Susu kental manis diperoleh dgn cara mengurangi kandungan air susu melalui proses evaporasi utk meningkatkan total solid susu menjadi 70-72% #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: kemudian ditambahkan gula (sukrosa) sebanyak 40-45% yang juga akan bertindak sebagai pengental dan pengawet #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Itu mengapa susu kental manis bisa bertahan hingga 1 tahun kalau belum dibuka.. #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Sedihnya,produsen susu di Indonesia masih mempromosikan kalo susu kental manis buat diminum #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Di negara maju susu kental manis cuma dipake untuk tambahan pada makanan aja, bukan utk dikonsumsi secara masal untuk diminum #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Emang sih harganya murah..tapi coba bayangin kalo terlalu sering dikonsumsi anak2, gula dalam tubuh akan berlebih sangat 🙁 #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Kandungan gula dalam susu kental manis soalnya pemanis buatan,tuh kan..udah tinggi banget,pemanis buatan pula..huff #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Bahkan ada yang bilang juga Susu Kental Manis itu Sirup Gula rasa Susu..karena emang kandungan gula sangat tinggi #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Indonesia jd pasar yg menggiurkan buat SKM,tahan lamaaaa,bisa didistribusiin ke pelosok negeri..dan harganya murah pemirsa #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Industri SKM modern pertama di Indonesia didirikan pada tahun 1967 yang memproduksi SKM dengan teknologi rekombinasi (bukan dari susu segar) #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Teknologi rekombinasi dikembangkan oleh peneliti-peneliti CSIRO (Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization) di Australia #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: sebagai solusi mengatasi produksi susu segar yg melimpah di negaranya,smtr di belahan dunia tropis terjadi kelangkaan bahan baku susu segar #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Di negara asalnya, amerika dan negara maju,SKM udah ga dikonsumsi karena dianggap rendah gizi dan terlalu banyak mengandung gula #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: See..ga ada alasan pemicu produsen susu utk naikin gizi..produksi SKM murni strategi marketing..dan Indonesia jadi pasar menggiurkan #susukentalmanis

@a_rahmathidayat: Mari edukasi orang disekitar kita pelan-pelan yuk..kasian anak-anak kita, ganti Susu Kental Manis dengan Jus Buah aja 🙂 #susukentalmanis

Bolehkah Minum Susu Formula?

Siapapun, pasti tahu lah kehebatan dari ASI. Bukan kapasitas gue untuk cerita itu, elu bisa googling aja lah untuk itu. Ada banyak pakar dan penelitian yang bilang kalo ASI emang udah paling hebat buat bayi baru lahir, paling tidak untuk enam bulan pertama dalam kehidupannya.

@erikarlebang, dalam kibulan susunya pernah bilang kalo sebenarnya pada usia dua tahun, manusia udah enggak butuh asupan susu, baik ASI maupun Susu Formula. Dalam agama gue disebutin paling tidak bisa menyusui sampai umurnya dua tahun. Mau tau kenapa? Baca aja kibulan susunya Erik di blog gue..scroll ke bawah aja yah J

Kalo ada orang tua yang mau kasih anaknya Susu Formula terus kenapa? Ga boleh?

Eits, sabar..jangan keburu sewot! Tapi ada baiknya elu juga cari informasi yang detail mengenai Susu Formula. Gue sih kasih saran jangan samakan bikin Susu Formula dengan bikin Minuman Energi yang lainnya kaya Milo atau Ovaltine. Jangan cuma sekedar masukin susu bubuknya, seduh air panas dan selesai. Nope! Enggak semudah itu!

Dalam tulisan sebelumnya gue pernah kasih tahu kalo WHO udah bikin panduan dalam menyiapkan Susu Formula yah. Catat! WHO a.k.a Organisasi Kesehatan Dunia yang bikin panduannya, ada banyak orang pinter juga disana, sama pinternya juga dengan orang yang bikin Susu Formula. Pasti ada alasan khusus kenapa WHO sampe harus bikin panduan untuk menyiapkan Susu Formula. Kenapa Organisasi Kesehatan Dunia sampe peduli banget hingga mereka harus repot-repot bikin panduan buat nyiapin Susu Formula, kenapa mereka enggak bikin panduan buat menyeduh teh dan kopi sekalian? Nah kenapa coba?  Pikiran deh, kalo udah ketemu kabarin gue yah?

Emang beneran enggak semudah itu dalam bikin Susu Formula?

Alasan gue kenapa ga jadi kasih Susu UHT sama anak

@a_rahmathidayat: Mungkin banyak orang tua yang kaya gue,berencana kasih Susu UHT setelah anaknya 1 tahun

@a_rahmathidayat: Gue pun punya rencana itu, dicampur antara kasih ASI dengan Susu UHT..karena kabarnya lebih baik daripada Susu Bubuk #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Selain lebih murah tentunya,bukankah Susu itu harusnya cair? Kalo udah bubuk pasti udah banyak proses..itu yg gue denger #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Sampe lah gue baca #kibulansusu-nya @erikarlebang yang fenomenal itu..setelah cari info sana-sini tentang susu sapi dan UHT #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Akhirnya gue dan @adamayantie memutuskan untuk ga jadi kasih Susu UHT sama anak gue..terus nutrisinya dari mana? MAKAN dong aaaah #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Emang apa yang salah dengan minum susu sapi? Apalagi susu UHT..ga ada yg salah kok, tapi coba cek #kibulansusu-nya @erikarlebang deh.. #cerewetASI

@a_rahmathidayat: Atau kalo mau gampang bisa klik link ini 1)http://bit.ly/qqxhLs 2)http://bit.ly/o8rPyA 3)http://t.co/DDlR9E81RT #cerewetASI

#alergi dan segala macamnya :)

@a_rahmathidayat: cuma mau share sedikit aja tentang alergi, ini sebenarnya pengalaman gue dan @adamayantie sama anak pertama kita #alergi

@a_rahmathidayat: pertama kali dicurigai alergi pada umur dia 3 bulan,kulit kepala kaya korengan gitu,luka basah dan gatal luar biasa..dan lebar banget #alergi

@a_rahmathidayat: baby Keenan ga nyaman tidur, gelisah dan rewel..sempet dikasih salep hidrokortison 1% dan antibitoik sama DSA #alergi

@a_rahmathidayat: Antibiotik enggak kita tebus, kita mau cari second opinion untuk ini..akhirnya kita ke Markas Sehat, dokter sebut Dermatitis Seboroik.. #alergi

@a_rahmathidayat: Solusinya simple, cukup kompres aja dengan larutan NaCl dan salep hidrokortison 0.5%..dan NaCl jadi barang yg musti ada sejak itu #alergi

Alasan gue kenapa ikut cerewet soal ASI

Sampe sekarang sesungguhnya gue enggak begitu paham kenapa masalah ASI dan Susu Formula sangat begitu sensitif buat banyak orang. Satu sisi gue paham, enggak ada satupun orang tua di dunia ini yang ingin di cap sebagai orang tua yang buruk. But wait, pertanyaan kemudian adalah, siapa yang bilang kalo adalah orang tua yang memberikan Susu Formula ke anaknya dianggap buruk? Gue pun pernah memberikan anak gue Susu Formula, meski hanya berkisar 3 minggu.
Semua orang tua pasti punya alasan khusus kenapa harus memberkan Susu Formula, utamanya pada enam bulan pertama, meski akan lebih mantep kalau bisa sampai satu tahun bahkan hingga dua tahun.

Sebelum menikah dan punya anak, gue sama sekali enggak peduli sama yang namanya ASI. Oke, gue tahu tentang ASI. Air Susu Ibu. Gue juga tahu bahwa itu adalah asupan yang baik buat anak bayi. Tapi semua itu berubah begitu gue dan @adamayantie ikutan kelas ASI-nya @aimi-asi. Nambah pengen kasih ASI begitu anak gue lahir prematur. Semakin terbuka mata gue begitu kumpul sama beberapa #AyahASI dan baca beberapa referensi tentang ASI dan Susu Formula.

Dari yang gue paham sih, sebenarnya banyak orang yang hanya memberikan informasi yang benar tentang ASI. Gue juga enggak setuju kalo ada orang yang men-judge bahwa memberikan Susu Formula itu dianggap orang tua yang buruk. Kalaupun ada yang merasa “sensitif” dengan informasi ASI yang benar tersebut, harusnya cukup dijadikan pelajaran dan motivasi buat kemudian hari. Pengalaman gue memberikan ASI sama anak gue cukup seru, kita pernah sampai pada titik ingin menyerah, dan memutuskan memberikan Susu Formula sama anak kita. Beruntung waktu itu anak kita enggak terlalu suka dengan Susu Formula, enggak pernah habis, dan agak susah minumnya. Jadilah kita juga cari bantuan kesana kemari, dan minta dukungan secara virtual lewat twitter. And it works. From my humble opinion, ini cuma masalah komitmen dan masalah mau apa enggak mau. Kalau mau, pasti apapun diusahakan.

 

#kibulan susu – 3

bahasan tentang kibulan susu yang ke-3 dari @erikarlebang, happy reading

@erikarlebang: Kasian. Mgkn Indonesia adlh segelintir negara di muka bumi ini yg penduduknya (mau aja) merasa hrs/dipaksa minum susu berdasar strata usia #kibulansusu

@erikarlebang: Waktu bayi, di-iming2i susu formula kandungan gizinya lbh ideal dari ASI. Kenyataannya malah banyak bayi jadi malnutrisi atau obesitas #kibulansusu

@erikarlebang: Malnutrisi? Jelas! Pertama kandungan gizi susu biarpun melimpah, tp didisain oleh Tuhan utk struktur badan bayi sapi, bukan bayi manusia #kibulansusu

@erikarlebang: Normal kalau susu sapi yg kandungan gizinya melimpah itu di tubuh manusia akhirnya terbuang percuma bahkan merusak sistem di jangka panjang #kibulansusu

@erikarlebang: Bentuk cairnya jg banyak menipu para orang tua. Krn kandungannya melebihi makanan padat, akhirnya si anak kemudian malas makan apapun lagi #kibulansusu

@erikarlebang: Itu sebabnya kl ada orang tua mengeluh anaknya susah makan, jalan keluarnya biasanya cukup dgn mengeliminir asupan susu yg biasanya rutin #kibulansusu

@erikarlebang: Kurang gizi, tidak cuma berarti kurus kering. Anak obesitas krn susu pun kalau dicek kandungan gizinya, acapkali ada di bawah rata-rata #kibulansusu

@erikarlebang: Badan gemuk, tp penyakitan, geraknya lambat, pemalas dan energi kehidupannya lemah. Biasanya produk generalnya akan terbentuk seperti itu #kibulansusu

@erikarlebang: Gedean sedikit, doktrin susu pertumbuhan segera hujani informasi minuman sehat bagi manusia. Tanpa kalsium, tulangnya tidak akan tumbuh #kibulansusu

@erikarlebang: Padahal kalsium tanpa magnesium (nyatis tdk pernah diiklankan oleh produsen susu) sudah pasti ditolak tubuh untuk membentuk tulang manusia #kibulansusu

@erikarlebang: Akhirnya anak tumbuh dgn (sbnrnya) signal penolakan tubuh terhadap susu. Diare berkepanjangan, sakit lambung, mudah pilek, problem kulit dsb #kibulansusu

@erikarlebang: Gejala kasus paling klasik adalah batuk berkepanjangan yg tidak kunjung pernah sembuh, akhirnya berubah menjadi bronkhitis parah atau asma #kibulansusu

@erikarlebang: Atau amandel yg bolak-balik meradang krn hrs mempertahankan diri dari ‘serangan’ pihak luar akibat susu menggerogoti sistem pertahanan tubuh #kibulansusu

@erikarlebang: Jalan keluarnya? Amandel, si anak harus dioperasi! Pertahanan terdepan yg bekerja keras utk melindungi tubuh, malah dibuang, spt pesakitan #kibulansusu

@erikarlebang: Problem amandel yg berulang kali meradang memang hilang, tp tameng pertahanan tubuh terdepan karunia Tuhan, telah hilang dari tubuh. #kibulansusu

@erikarlebang: Akhirnya manusia menjalani seumur hidupnya dgn pertahanan tubuh yang telah ‘pincang’ krn dicabut salah satu elemen substansial terdepannya #kibulansusu

@erikarlebang: Klaim terbodoh adlh saat katakan “Amandel telah kehilangan fungsinya saat ia bolak-balik meradang, dan manusia dewasa tidak butuh amandel” #kibulansusu

@erikarlebang: Itu salah satu bentuk hinaan terbesar bg Tuhan. Mungkinkah sang Maha Pencipta menciptakan sistem kedaluwarsa disainnya yg maha kompleks tsb? #kibulansusu

@erikarlebang: Tanpa amandel meradang, tubuh sptnya sehat. Tp saat musuh menyerang, gerbang terdepannya telah hilang, langsung masuk ke ‘pekarangan’ tubuh #kibulansusu

@erikarlebang: Pdhal sebelum dioperasi amandelnya, hentikan konsumsi susu selama 1-2 bulan, dlm mayoritas kasus, peradangan amandelnya lgsng berhenti! #kibulansusu

@erikarlebang: Demikian pula batuk berkepanjangan, produksi lendir berlebihan, hingga gangguan asma yg sebelumnya seperti mustahil untuk menghilang! #kibulansusu

@erikarlebang: Begitu menginjak usia tua? Doktrin lanjutan susu tetap menyerang! Minumlah susu tinggi kalsium! Supaya tulang tidak keropos. Selamat! #kibulansusu

@erikarlebang: Logika penangkal tetap sama, tanpa magnesium, kalsium melimpah tidak akan ada gunanya utk pemeliharaan tulang. Hanya akan menumpuk di darah #kibulansusu

@erikarlebang: Dan membuat darah acid (bersifat asam) yang menjadi pangkal dari beragam masalah penurunan fungsi organ tubuh, termasuk.. Osteoporosis! #kibulansusu

@erikarlebang: Jadi kalau Anda atau kerabat yg berusia lanjut berusaha melawan osteoporosis dgn mengandalkan susu kalsium tinggi, selamat! *sarcastic way* #kibulansusu

@erikarlebang: Konyolnya lagi limpahan kalsium dalam darah justru dijadikan indikator bahwa tubuh menyerap kalsium tinggi yang dibawa oleh susu tersebut #kibulansusu

@erikarlebang: Pdhal itu justru yg menjadi indikasi bhw kalsium tersebut tidak terserap oleh tulang dan membanjiri darah dalam konteks negatif. #kibulansusu

@erikarlebang: Kelar? Belum.. Stlh bayi usia ASI dilarang menjd target konsumen susu formula, perubahan target terjadi.. Ibu hamil! Sesuatu yg tdk prnh ada #kibulansusu

@erikarlebang: Baru beberapa tahun terakhir ini ibu mengandung ‘dihajar’ dgn informasi menyesatkan betapa mereka memerlukan susu khusus untuk ibu hamil #kibulansusu

@erikarlebang: Padahal dilihat dari beragam sisi, ibu hamil tetap manusia dewasa yang pada prinsipnya tidak memerlukan susu dalam bentuk apapun, sdktpun! #kibulansusu

@erikarlebang: Itu sebab kini susu sapi disisipi dgn beragam unsur2 aneh atau fortifikasi, utk menutup fakta bhw secara substansi ia tdk cocok dgn manusia #kibulansusu

@erikarlebang: Scr mendasar manusia dewasa tdk memerlukan susu. Susu terbaik bg manusia adlh yg dibawa sesama manusia, ibunya sendiri! Itupun tdk selamanya #kibulansusu

@erikarlebang: Manusia kehilangan produksi enzim laktase di usia 2-3 thn, pertanda dr Tuhan, ia tidak memerlukan lagi susu utk dirinya dlm bentuk apapun. #kibulansusu

@erikarlebang: Pola makan sehat yg mengacu kepada alam dan minim proses adalah suplier unsur dasar makanan kebutuhan manusia yang paling baik dan sempurna #kibulansusu

@erikarlebang: Kalsium terbaik bagi manusia? Ada di sayuran dan buah-buahan! Murah dan mudah sekali untuk didapat di negara tropis seperti Indonesia ini! #kibulansusu

@erikarlebang: Protein terbaik bagi manusia? Biji-bijian, daging unggas-ikan (dlm jmlh tertentu) menyumbang protein bisa yg diterima tubuh tanpa masalah #kibulansusu

@erikarlebang: Anda punya masalah kesehatan serius yg tlh menahun jd problem kesehatan tanpa ada jalan keluar? Cek, apakah Anda peminum susu yg rutin dulu #kibulansusu

@erikarlebang: Setip dari menu harian Anda, lihat selama 1-2 bulan. Besar kemungkinan problem itu segera hilang. Apalagi bila pola makan sehat jg dilakukan #kibulansusu

@erikarlebang: Demikian kibulan malam ini. Semoga berguna. Kalau gak suka, drpd ribut gak kepuguhan, unfollow aja. Simpel, kan? Salam #kibulansusu

Archives