Twit #ASIdanHIV (tanggapan atas twit @nutrisi_bangsa dan artikel fimela.com)

@a_rahmathidayat: 1.Gue agak kurang setuju dengan pernyataan di artikel berjudul SUSU FORMULA = BAD MOTHER? http://m.fimela.com/read/2011/05/19/susu-formula-bad-mother #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 2.Sebenarnya ada banyak pernyataan yang gue ga setuju,tapi gue yakin @aimi_asi bisa kasih penjelasan itu dengan lengkap #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 3.Gue mau fokus pada pernyataan ini “Ibu yang mengidap AIDS dan HIV juga dilarang menyusui, bisa menularkan virus ke bayi lewat ASI” #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 4.Pernyataan itu di ulangi dlm akun twitter @Nutrisi_Bangsa:”ada beberapa kondisi dimana ibu tdk boleh menyusui, a/l mengidap HIV” #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 5.Sayangnya pernyataan itu ga didukung dgn data & penjelasan yang cukup,sehingga pernyataan itu bisa menyesatkan bagi yg tdk paham #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 6.Virus HIV memang bisa menular melalui ASI,namun resiko penularan ini bisa diminimalisir dengan memberikan ASI #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 7.Hrs jg diliat perbandingan antara bayi +HIV yang dikasih ASI vs bayi +HIV yg tdk dikasih ASI, ada bnyk penelitian ttg ini #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 8.Perlu diketahui bahwa orang yang terinfeksi HIV umumnya baru akan masuk fase AIDS pada 10-15 tahun,trgantung kondisi kesehatan #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 9.Virus HIV bisa dikendalikan,dan orang +HIV bisa hidup segar bugar hingga jangka waktu yg lama dengan terapi obat #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 10.Jika tidak mendapatkan terapi obat dan tdk berperilaku sehat, berbagai penyakit dapat hinggap,dan resiko pada kematian semakin tinggi #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 11.WHO, UNAIDS, UNICEF, UNFPA sebenarnya sudah membuat panduan menyusui bagi ibu yg terinfeksi +HIV #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 12.Menyusui dapat mencegah bayi dari kematian akibat diarrhoea dan pneumonia terlebih pada 1 bulan pertama #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 13.diarrhoea dan pneumonia merupakan 2 penyakit yang banyak menyebabkan kematian pada pasien HIV/AIDS #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 14.Profesor Hoosenn Coovadia dari Africa Centre for Health and Population Studies pernah melakukan penelitian ttg ASI dan HIV #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 15.Menurut dia kondisi di negara maju berbeda dengan negara berkembang,di neg maju kecanggihan teknologi dan ksadaran masy tinggi #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 16.Dukungan masy dan pem dalam bentuk penggunaan terapi antiretroviral, pemeliharaan kesehatan yang baik #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 17.Dukungan jg dalam bentuk pemberian makanan dengan formula ekslusif bagi bayi yang dilahirkan dari ibu +HIV #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 18.Bahkan WHO jg menganjurkan agar ibu +HIV yg dpt beli sufor,punya alat steril botol dan akses ke air bersih memberikan sufor dgn panduan ketat pada bayinya #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 19.Pertanyaannya kemudian, bagaimana dengan kondisi masyarakat di Indonesia? #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 20.Sekitar 168 juta penduduk Indonesia (52-60%) belum mendapatkan akses terhadap air bersih dan sanitasi (MediaIndonesia:2005) #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 21.Di Indonesia diare merupakan penyebab kematian kedua terbesar bagi anak-anak dibawah umur lima tahun (Wikipedia) ) #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 22.Pengetahuan masyarakat kita ttg HIV/AIDS masih sangat rendah, yaitu 11,4% (riskesdas 2010) #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 23.Maka rujukan WHO ttg pemberian sufor pada bayi dgn ibu +HIV itu tak berlaku bagi sebagian besar perempuan di negara berkembang dan negara miskin #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 24.IMO,panduan WHO ttg pemberian sufor bg ibu +HIV juga tidak berlaku bagi kondisi Indonesia #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 25.Profesor Hoosenn Coovadia jg menyebutkan ASI ekslusif mengurangi potensi penyakti lain seperti abses pada payudara & mastitis (Republika:2007) #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 26.%tase bayi yang diberi sufor/susu binatang sbg +an ASI,dpt meningkat 2x lipat tertular HIV dibanding yang memperoleh ASI saja #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 27.Protein kompleks pada makanan selain ASI meningkatkan kerusakan lambung yg bisa jd pintu masuknya virus HIV #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 28.Justru kandungan ASI dapat melindungi usus agar tidak rusak dan meminimalisir tertularnya virus HIV ke bayi #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 29.ASI memang bisa menularkan HIV,tp ASIX mrpkn faktor penting mengurangi kematian krn daya tahan tubuh bayi meningkat #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 30.Masalah kematian memang urusan Tuhan,IMHO usaha maksimal utk memperpanjang usia bayi merupakan impian setiap ibu yg +HIV #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 31.UNICEF menyebutkan bahwa bayi berpotensi 6x lebih mungkin meninggal akibat infeksi jika pada 2 bulan pertama tidak dikasih ASI (UNICEF,2002) #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 32.ASI menyediakan nutrisi lengkap dan kekebalan tubuh yg baik bagi perkembangan bayi dgn ibu +HIV (UNICEF,2002) #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 33.Penelitian WHO menyebutkan bahwa bayi dgn ibu +HIV yg dikasih ASI selama 2 tahun resiko meninggalnya turun hingga 1.4% (UNICEF,2002) #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 34.ASIX minimal 3 bulan pertama mnurunkan resiko penularan HIV dari si ibu dibanding jk dikasih ASI & makanan lain (UNICEF,2002) #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 35.WHO&UNICEF sangat merekomendasikan pemberian ASI bahkan bagi ibu +HIV selama 2 tahun #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 36.Pilihan antara ASI dan SUFOR memang tergantung si ibu,tp informasi yg salah ttg ASI menurut gue juga ga bener #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 37.Informasi salah itu trmsk menyebutkan Ibu +HIV TIDAK BOLEH memberikan ASI | @nutrisi_bangsa @fimeladotcom #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 38.Semoga informasi yg gue kasih bisa memberikan wawasan lebih pada @nutrisi_bangsa @fimeladotcom #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 39.Kita punya semangat yg sama kok untuk masyarakat indonesia yang lebih baik @nutrisi_bangsa @fimeladotcom #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 40.Mari kita mulai semangat itu dengan informasi yang berimbang dan benar @nutrisi_bangsa @fimeladotcom #ASI&HIV

@a_rahmathidayat: 41.demikian. selamat hari kebangkitan nasional. salam ASI NUTRISI BANGSA #ASI&HIV

Twit Fakta Pola Pemberian ASI #riskesdas2010_ASI (lanjutan)

@a_rahmathidayat: gue cuma mau ngelanjutin, beberapa penjelasan tambahan di balik angka-angka Riset Kesehatan Dasar 2010 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan kemaren #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Bayi yang diberikan prelakteal adalah sebesar (44,7%) | itu artinya dari 10 bayi, 4 bayi sudah diberikan makanan selain ASI pada usia 0-5 bulan #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Jenis makanan prelakteal yang diberikan kepada bayi baru lahir meliputi: sufor,susu non-formula,air putih,air gula (gula pasir/gula kelapa/gula aren) #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Jenis makanan prelakteal yang diberikan kepada bayi baru lahir air tajin, air kelapa, sari buah, teh manis, madu, pisang, nasi/bubur, dan lainnya #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Pemberian sufor tertinggi ada di perkotaan sebesar (82,3%), ini bukan berarti di desa bebas sufor loh #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Di desa bukan dikasih sufor,tp dikasih non-susu (air putih, air gula, air tajin, air kelapa, sari buah, teh manis, madu, pisang, nasi/bubur, dan lainnya) #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Ada lagi fakta yg menarik, dari 3 bayi yang ASI eksklusif sesuai WHO pada usia 0 bulan, ternyata hanya tinggal 1 bayi yg bertahan hingga usia 5 bulan #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Fakta lainnya, dari 5 bayi yang ASI eksklusif hingga usia 6 bulan, ternyata hanya tinggal 1 bayi saja yg benar2 eksklusif #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Fakta lainnya, pada usia 5 bulan, dari 10 bayi ada 8 bayi yang selain dikasih ASI juga sudah diberikan makanan selain ASI (sufor,biskuit,bubur,dan lainnya) #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Dari 10 Kepala Keluarga yang lulusan perguruan tinggi, ada 6 KK yang bayinya sudah diberikan makanan selain ASI #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Dari 10 Kepala Keluarga yang lulusan perguruan tinggi, hanya ada 2 KK yang bayinya diberikan ASI Eksklusif #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Kalo asumsinya KK itu adalah pria, maka pria pun harus menjadi target informasi ASI nih..ayo para Ayah ASI..sebarkan informasi ini dalam gerakan #ayahASIunite #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Tadi pagi banyak moms yg udah share gagal #ASI pada anak pertama,anak gw pun sempet campur sufor sebentar di usia 2 bulan,yg penting ga patah semangat #ayahASIunite #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: cari informasi sebanyak-banyaknya tentang #ASI,atau kenalan dengan para ayah yang keren-keren #ayahASIunite #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: meet ayahASI @siadit @sipandu @ernestprakasa @bangaip @dipaaa @ShafiqPontoh..and join us at #ayahASIunite

Twit Pola Pemberian ASI #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: pola pemberian ASI pada anak 0-23 bulan meliputi proses mulai menyusui, pemberian kolostrum, pemberian makanan prelakteal, menyusui eksklusif & pemberian MP-ASI #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: % IMD(< 1 jam) setelah bayi lahir adalah 29,3%, Sebagian besar proses mulai menyusui dilakukan pada kisaran waktu 1-6 jam setelah lahir #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Bahkan menurut riskesdas 2010 masih ada 11,1% proses mulai menyusui dilakukan setelah 48 jam bayi lahir #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Proses mulai menyusui <1 jam pada anak perempuan relatif lebih tinggi daripada anak laki-laki, demikian juga di perdesaan relatif lebih tinggi daripada di perkotaan #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: semakin tinggi status ekonomi terdapat kecenderungan semakin rendah persentase proses mulai menyusui (IMD) 1 jam setelah lahir dengan alasan ASI belum keluar atau alasan tradisi #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: persentase pemberian makanan prelakteal kepada bayi baru lahir adalah 43,6% #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: jenis makanan prelakteal yang paling banyak diberikan adalah susu formula (71,3%). Madu (19,8%) dan air putih (14,6%) #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Menurut tempat tinggal, bayi yang diberi makanan prelakteal di perkotaan lebih tinggi daripada di perdesaan #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: persentase pemberian susu formula lebih tinggi di perkotaan (82,3%) daripada di perdesaan (59,8%) #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Air susu ibu (ASI) merupakan makanan utama bagi bayi, namun tidak semua bayi mendapatkan ASI dari ibunya #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Periode pemberian ASI sebaiknya adalah sejak lahir sampai bayi berumur 2 tahun, tetapi tidak semua bayi dapat disusui selama periode tersebut #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Dalam RISKESDAS 2010 ada 3 kategori dalam pengertian ASI Eksklusif, apa sajakah itu? #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Kategori 1, menyusui eksklusif berdasarkan kriteria dalam 24 jam terakhir bayi hanya disusui/diberi ASI saja #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Kategori 2, dalam 24 jam terakhir bayi hanya disusui/diberi ASI saja & sejak lahir sampai saat survei belum diberi makanan/minuman selain ASI #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Kategori 3: dalam 24 jam terakhir bayi hanya disusui/diberi ASI saja; sejak lahir sampai saat survei bayi belum diberi makanan/minuman selain ASI dan.. #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Kategori 3: dan sblm ASI keluar tidak diberi makanan prelakteal,termasuk air putih, selain menyusui (kecuali obat-obatan dan vitamin atau mineral tetes; ASI perah juga diperbolehkan) #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Kategori 3 adalah menyusui eksklusif yang sesuai dengan kriteria World Health Organization (WHO) #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: persentase “menyusui eksklusif” Kategori 1 bayi umur 5 bulan adalah 54,8%, turun menjadi 22,3% pada Kategori 2, dan pada Kategori 3 turun menjadi 15,3%..apa artinya? #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Artinya pada bayi umur 5 bulan, dari 54,8% yang dalam 24 jam terakhir hanya diberi ASI saja.. #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: sebenarnya terdapat 32,5% bayi yang sudah diberi makanan/minuman selain ASI pada hari-hari sebelumnya #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Dari 22,3% (Kategori 2) sebenarnya ada 7% bayi diberi makanan prelakteal sebelum ASI keluar,sehingga pada bayi umur 5 bulan persentase menyusui eksklusif hanya 15,3% riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Menyusui eksklusif sedikit lebih tinggi pada bayi laki-laki dibanding perempuan, lebih tinggi diperdesaan daripada di perkotaan #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: Semakin tinggi pendidikan kepala keluarga atau status ekonomi, semakin rendah
menyusui eksklusif #riskesdas2010_ASI

@a_rahmathidayat: kalau ada yang mau baca Riskesdas 2010 silahkan langsung menuju ke www.riskesdas.litbang.depkes.go.id/2010/ #riskesdas2010_ASI

Cuti AyahASI

@a_rahmathidayat: Menurut gue, kalo pemerintah udah aware sama Breastfeeding Father,mungkin kita bisa menuntut hak untuk dapet Cuti Menyusui 🙂 #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: Bukan ga mungkin loh, oktober 2010 lalu, pengadilan di Spanyol mengabulkan tuntutan itu #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: Meski bukan berbulan-bulan kaya si ibu,tapi si ayah bisa datang agak telat atau pulang lebih cepat 1 atau ½ jam dari kantor #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: Itu terjadi gara” seorang pria bernama Pedro Manuel Roca Alvarez ditolak sama perusahaanya ketika mengajukan Breastfeeding Leave #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: Pengadilan spanyol mengatakan bahwa hukum yang ada terbukti diskriminatif terhadap jenis kelamin #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: Ayah harusnya juga mendapat kesempatan yang sama untuk dapat Cuti Melahirkan/Menyusui #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: Amerika mengenal yang namanya Paternity Leave lewat UU the Family Medical Leave Act (FMLA) #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: Paternity Leave dikhususkan bagi ayah untuk cuti/libur dari pekerjaanya, tujuannya agar memiliki waktu untuk mengurus anak #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: pasal 7 UU No.12/1998 ttg Kependudukan menyebutkan bahwa kita berhak utk mewujudkan keluarga sejahtera #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: pasal 128 UU No.36/2009 ttg Kesehatan menyebutkan Selama mberi ASI, pihak keluarga, Pemerintah, pemda, dan masyarakat.. #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: …harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus. #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: Tuh kan, ada peluang, bahwa pemerintah harus menyediakan waktu khusus untuk suksesnya ASIX #cutiAyahASI

@a_rahmathidayat: Nah, lumayan kan kita bisa ikutan Cuti Menyusui juga..demikian #cutiAyahASI

Tangisan, ASI dan Sukabumi

Pengalaman ini emang seru banget buat gue dan Keenan (5 bulan). Kejadiannya dimulai ketika istri gue harus berangkat mengurus outbound dari Kementerian Perikanan dan Kelautan di Sukabumi selama tiga hari dua malam. Semua persiapan selama istri gue pergi udah disiapin, mulai dari baju-baju hingga tentunya yang utama, ASIP. ASIP-nya emang enggak banyak, tapi sangat cukup selama istri gue pergi tiga hari itu. Hari Jum’at pagi istri gue berangkat, sesuai dengan kebiasaan anak gue, pagi jam 7-10 biasanya Keenan udah minum ASI, mandi dan main ala kadarnya. Jam 10an biasanya dia udah ngantuk dan melanjutkan tidurnya lagi. Meski ada Ibu Mertua, tapi gue yang nyiapin ASIP-nya. Maklum, kadang Ibu Mertua suka agak berlebihan ngasih ASIP-nya, nangis sedikit pasti langsung diminumin. Padahalkan enggak setiap tangisan bayi berarti haus.

Hari pertama berjalan lancar, gue udah nyiapin ASIP sesuai dengan jadwal biasanya dia minum. Dari hitungan gue, stok ASIP yang ada harusnya sudah cukup sampe istri gue balik. Sehari paling enggak Keenan bisa menghabiskan 5-6 botol, rata-rata 100-120 ml/botol. Hari Jum’at pun terlewati dengan lancar, semua masih on the track. Kejadian Sabtu yang agak seru, kebetulan hari Sabtu itu gue harus masuk kantor. Ada pekerjaan yang harus gue selesaikan, daripada hari Senin berangkat pagi-pagi menggila, atau minggu malem ngerjain di rumah, gue sih lebih memilih sabtu masuk dan ngerjain di kantor. Setelah melakukan rutinitas seperti biasa dengan Keenan dipagi hari, maen, mandi, minum ASI dan menidurkannya, gue pun siap-siap buat berangkat ke kantor. Sabtu dan Minggu meski hari libur umat sedunia, gue emang harus kerja sampingan buat nemenin pendengar setia gue #eaaaa. Siaran radio maksudnya. Jadilah habis nyelesein kerjaan kantor, sore harinya gue langsung siaran sampe malem. ASIP seperti biasa udah gue siapin, dan asumsinya mencukupi sampe hari minggu.